JA

KA’BAH UNIVERSAL TIME [KUT]; Reinventing the Missing Islamic Time System P

Judul“KA’BAH UNIVERSAL TIME [KUT]; Reinventing the Missing Islamic Time System”/WAKTU UNIVERSAL KA’BAH; Menemukan Kembali Sistem Tatawaktu Islam yang Hilang”
Penulis: Dr. Ir. Bambang E. Budhiyono, M.Sc
Penerbit: Pilar Press, Jakarta-Bogor-Bekasi
Cetakan: I – (Bekasi, 2002), (Bogor, 2002), II – (Jakarta, 2010)


Andaikan umat Islam tidak mengalami kemunduran dalam peradabannya, maka Sistem Tata-Waktu dunia Islam tidak seperti sekarang ini. Sebab, Islam memiliki Sistem Tata-Waktu sendiri yang sedikit atau banyak berbeda dengan Sistem Tata-Waktu Internasional (Greenwich Mean Time/GMT) yang sekarang berlaku. Banyak ayat Al Qur’an dan Hadits yang secara implisit memberi penjelasan tentang hal itu, namun banyak pula umat Islam yang tidak mampu menangkap makna sesungguhnya dari ayat-ayat dan hadits-hadits tersebut.
Buku ini mencoba menjelaskan tentang dasar-dasar pemikiran atau filosofi dasar tentang Sistem Tata-Waktu menurut Islam yang selama tujuh abad belakangan ini terabaikan oleh umat Islam sendiri.
Juga, buku ini mencoba memberikan argumentasi ilmiah tentang keharusan umat Islam menerapkan Sistem Tata-Waktu Islam (Hijriyah) dalam kehidupan sehari-hari mereka karena hampir semua ibadah mahdhah umat Islam berhubungan erat dengan waktu (shalat, puasa, ibadah haji, Idul Fithri, Idul Adha, dsb).
Lebih penting lagi, buku ini juga membahas tentang penemuan-ulang sebuah “harta yang hilang dari ummat Islam” selama ini yaitu Jam Hijriyah atau Jam Fithrah yang merupakan Jam Matahari (Solar Clock Time). Jam ini akan lebih “cocok” digunakan oleh umat Islam dalam penetapan waktu-waktu ibadahnya (shalat wajib, buka puasa, dsb), karena merupakan simulasi posisi matahari sepanjang hari (24 jam). Lebih jelasnya, silakan membaca isi buku ini secara seksama.
Semoga buku ini menjadi ilmu yang bermanfaat yang pahalanya menjadi hak milik sang penulis. Amin.
, , , , , , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar