JA

Bambang Eko Budhiyono

di poskan oleh Marjuni AryoBilaga
Dr. Ir. Bambang Eko Budhiyono, M.Sc (Alm.) adalah salah seorang pemikir In­donesia dalam bidang sains dan teknologi yang tekun namun cenderung "melawan arus". Almarhum pernah menjadi dosen di almamaternya (Institut Pertanian Bogor - IPB) namun diberhentikan karena "kecemerlangan" dan konsistensinya mempertahankan ide. Master dalam bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan ini menyukai astronomi sebagai hobi dalam hidupnya selain komputer.
Sempat menjadi pengajar dan pengurus di beberapa Pondok Pesantren, antara lain Ponpes Darunnajah, Cipining - Bogor, Yayasan Sumberdaya Islami dan Pusat Pembinaan Iman dan Amal Sholeh.
Selain buku yang anda baca ini, almarhum pernah membuat buku dan program komputer, antara lain; Computer Simulation Modeling for Erosion and Sedimentation Control in Upper Reservoir Catchment" (1982), The Ten Commandments in System Theory (1982), EIASys: An Integrated Computer Program for Environmental Impact Assessment (1990), dsb.
Sejak berhenti mengajar, almarhum hilir-mudik menjadi konsultan namun tidak mengurangi minatnya mengkaji ayat-ayat kauniyah-Nya yang tersebar di seluruh alam. Sebagai konsultan internasional, sering almarhum berhubungan dengan dunia kapitalis yang mengancam idealismenya. Namun sampai akhir hayatnya alhamdulillah almarhum masih tetap, konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar